Ziarah ke Gua Maria Bitauni


Gua Maria Bitauni
Gua Maria Bitauni
Gua Maria Bitauni, mungkin banyak diantara kita yang belum mengenal nama tempat yang satu ini. Gua Maria ini merupakan sebuah tempat ziarah bagi umat Katolik dan terletak di Bitauni, Kecamatan Insana, Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur. Tempat wisata religius ini berjarak kurang lebih 28 km dari ibukota Kefamenanu.

Gua Bitauni
Pelataran Gua Bitauni - Yesus Berdoa di Taman Getsemani


Nyaris setiap hari Gua Maria Bitauni tidak pernah sepi dikunjungi peziarah. Mereka datang dari berbagai daerah, sekedar untuk memanjatkan doa hingga berkunjung dan menikmati panorama alam di tempat tersebut. Di bagian pelataran terdapat sebuah kapela yang biasa dipakai sebagai tempat perayaan misa pada hari Minggu.

Gua Utama di Gua Maria Bitauni

Gua Bitauni
Pintu masuk ke gua utama
Gua Maria Bitauni yang terletak di Paroki Sta. Maria Pengantara Segala Rahmat Kiupukan ini akan sangat ramai pada bulan Maria (bulan Mei) dan bulan Rosario (bulan Oktober). Di tempat ini juga pada hari Jumat Agung (Masa Paskah) dipenuhi ribuan umat dari berbagai daerah untuk menyaksikan secara langsung drama jalan salib Yesus Kristus. Keberadaan gua yang berada di atas sebuah bukit batu menjadikan tempat ini juga menyerupai Golgota.

Gua Bitauni
Stasi 12 di puncak bukit Gua Bitauni

Patung Yesus bangkit dari alam maut


Untuk bisa mencapai Gua Maria Bitauni, peziarah harus menaiki beberapa anak tangga. Di dalam gua yang masih sangat alami ini disimpan sebuah patung Bunda Maria yang berukuran besar. Bila peziarah ingin masuk ke dalam lagi, di sana ada sebuah patung Yesus Kerahiman.

Selain gua utama, peziarah dapat melanjutkan lagi perjalanan ke puncak bukit untuk menemukan gua yang juga menjadi makam Yesus. Sebuah patung malaikat berdiri di depan makam tersebut. Setelah itu pengunjung bisa langsung ke puncak gunung dimana terdapat stasi 12, tempat Yesus wafat disalib. Di puncak ini pula sering diadakan prosesi misa Jumat Agung.

Kiupukan
Gua makam Yesus yang dijaga malaikat
Dari atas puncak bukit peziarah dapat melihat bentangan alam kecamatan Insana yang masih sangat asri dan indah. Bila Anda ingin bertanya mengenai Gua Maria Bitauni, silahkan tinggalkan komentar sobat. Salam !

Gua Bitauni
Pemandangan alam

Gua Maria Bitauni
Pemandangan alam dari bukit Gua Maria Bitauni

0 Response to "Ziarah ke Gua Maria Bitauni"

Posting Komentar