Gunung Nunmafo - Bidadari Dari Insana

Kiupukan
Telaga kecil di Gunung Nunmafo
   Beberapa waktu yang lalu kala Admin berlibur di kampung halaman Admin di Kiupukan, kecamatan Insana, kabupaten Timor Tengah Utara, Admin menyempatkan diri untuk jalan-jalan menikmati nuansa alam pegunungan di sekitar Haufo'o, kira-kira 1 km dari Kiupukan
              
     Gunung Nunmafo menjadi alternatif yang menarik karena letaknya yang kebetulan dekat dengan kampung Admin (di Kiupukan, pen). Tak hanya itu, gunung Nunmafo yang juga merupakan bekas pertambangan marmer, menyajikan wisata alam yang sangat menantang bagi para pecinta climbing yang ingin memacu adrenalin melewati jalur bebatuan yang tampak mmebentuk vertikal.

Kiupukan
Peternakan sapi penduduk
    Untuk bisa sampai ke gunung tersebut, Admin bersama beberapa kawan memilih melewati jalanan kecil di belakang SDK Kiupukan II. Kami langsung disuguhkan sebuah telaga kecil yang cukup indah. Air dari telaga ini sering dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk menyirami tanaman sayur mereka.

Kiupukan
Bentuk gunungnya sangat cocok untuk kegiatan panjat tebing
    Perjalanan kemudian dilanjutkan melewati ladang-ladang masyarakat setempat. Banyak yang ditanam di ladang sederhana itu, semisal singkong, pepaya, ubi jalar, kelapa, mangga, kacang-kacangngan ataupun juga pohon gala-gala, sejenis pepohonan untuk pakan ternak.      

     Kami akhinrya tiba juga di puncak gunung Nunmafo setelah melewati pendakian yang lumayan melelahkan. Gunung Nunmafo yang memiliki bentuk khas sangat cocok bagi mereka yang tertantang untuk melakukan aksi climbing di tempat tersebut.

Kiupukan
Kampung Kiupukan tampak dari puncak Gunung Nunmafo
     Dari puncak gunung Nunmafo terlihat jelas Kiupukan, kampungku tercinta, dan juga daerah-daerah di sekitar Kiupukan seperti Oelolok, Nesam, Bitauni dan Noenebu. Tak hanya itu, kami juga melihat bekas-bekas kegiatan pertambangan batu marmer di puncak gunung Nunmafo dan juga beberapa satwa liar seperti kakatua putih, beberapa burung yang tidak begitu saya ketahui persis nama dan jenis mereka serta beberapa ekor kera yang asyik bergelantungan di pohon menyambut kami.
              
     Setelah puas menyaksikan keindahan alam tersebut, kami putuskan untuk kembali ke Kiupukan. Banyak pengalaman yang kami dapat di sana. Semoga ke depannya potensi alam seperti ini dapat dimaksimalkan pemerintah daerah dan masyarakat sehingga dapat menjadi aset wisata yang mampu memajukan perekonomian di kabupaten Timor Tengah Utara dan nasional pula tentunya. Semoga....:)

                                                                         
                                                            * * * * * * * *


Photos : by Admin --> koleksi pribadi

         

0 Response to "Gunung Nunmafo - Bidadari Dari Insana"

Posting Komentar