10 Tips Sukses Ujian Skripsi

10 Tips Sukses Ujian Skripsi - Seperti judul postingan di atas, kali ini Caritahu akan berbagi informasi mengenai 10 Tips Sukses Ujian Skripsi. Ujian skripsi pada dasarnya merupakan ujian terakhir sekaligus tantangan terbesar bagi setiap mahasiswa pada akhir kuliahnya untuk mampu menghasilkan sebuah karya tulis ilmiah yang sesuai dengan studi yang ditekuni.

Tips sukses ujian skripsi
Tips sukses ujian skripsi
Banyak mahasiswa semester akhir yang sering dibuat pusing oleh pekerjaan skripsi. Mulai dari penulisan, pengumpulan data, bimbingan hingga yang terakhir adalah ujian atau pendadaran itu sendir. Untuk itu, Caritahu akan berbagi informasi mengenai 10 Tips Sukses Ujian Skripsi. 

Berikut 10 Tips Sukses Ujian Skripsi versi Caritahu :

1. Penguasaan Materi
    Faktor penting untuk sukses ujian skripsi adalah penguasaan terhadap materi skripsi. Penguasaan terhadap materi dalam skripsi akan membantu mahasiswa untuk dalam memaparkan secara garis besar skripsi yang telah dibuat dan juga mmapu menjawab berbagai pertanyaan yang ditanyakan para penguji.

Terkait penguasaan materi, disarankan untuk fokus pada data dan fakta serta teori/kerangka pemikiran yang menjadi fondasi skripsi tersebut. Apabila ketiga elemen tersebut terpenuhi dapat membantu mahasiswa dalam membangun argument yang kokoh dan logis pada sesi tanya jawab.

Penguasaan materi bukan berarti mahasiswa harus menghafal secara keseluruhan isi skripsi tersebut, tetapi mampu memahami garis besar dan alur pemikiran setiap bab yang sudah ditulis di dalam skripsi. 

2. Bersikap Tenang
    Banyak mahasiswa yang terpaksa harus menelan kecewa karena tidak mampu menjawab semua pertanyaan dosen penguji ketika ujian skripsi berlangsung karena terlalu dilanda kecemasan. Untuk itu, menjelang hari H ujian skripsi, mahasiswa harus lebih tenang dan fokus. Jangan terbebani dengan cerita mengenai dosen penguji yang killer, tentang kemungkinan tidak bisa menjawab. Persiapkan diri Anda sebaik mungkin dengan banyak membaca materi yang berkaitan dengan skripsi tersebut.

Sikap tenang ini juga harus dibawa sebelum ujian dan selama ujian berlangsung. Intinya bahwa bila Anda mampu menguasai materi, tentu akan lebih tenang dan santai dalam menghadapi ujian skripsi tersebut.

3. Membuat ringkasan atau point presentasi
    Hal lain yang tidak kalah penting adalah perlunya membuat ringkasan atau point-point penting yang akan Anda paparkan dalam presentasi ujian skripsi. Pergunakanlah kata-kata yang mudah dipahami, tidak berbelit, sertakan contoh kasus, data dan fakta serta mampu memberi jawaban atas permasalahan kajian skripsi yang Anda buat.

Sebagai contoh bila skripsi Anda tentang "Dampak Perdagangan Bebas Bagi Perekonomian Indonesia", maka beberapa hal penting yang wajib Anda paparkan yakni gambaran mengenai perdagangan bebas global, kemudian mengerucut pada perdagangan di Indonesia, dinamika perdagangan Indonesia hingga berbagai dampak baik positif maupun negatif perdagangan bebas bagi perekonomian Indonesia. Presentasi tersebut dilengkapi paparan fakta yang diperkuat data yang ada.

4. Manajemen Waktu
    Selama pendadaran, Anda akan diberi waktu 10 hingga 15 menit untuk melakukan presentasi mengenai skripsi Anda. Untuk itu, point 3 disini sangat penting yakni sebagai navigasi yang membantu alur penjelasan materi skripsi Anda kepada para penguji.

Untuk itu, mulailah berlatih untuk bisa mengetahui berapa banyak waktu yang bisa Anda peroleh selama presentasi sehingga memiliki gambaran mengenai lama presentasi dan point-point mana saja yang perlu dimasukkan ke dalam presentasi. Selain itu, selama ujian skripsi juga Anda perlu memperhatikan waktu sehingga seluruh materi presentasi dapat disampaikan tepat waktu.

5. Mengontrol Suara
    Hal lain yang perlu diperhatikan juga adalah bagaimana mengontrol volume suara. Volume suara disesuaikan dengan keadaan dan tempat. Berbicaralah dengan jelas sehingga materi yang Anda paparkan dapat dipahami para penguji.

6. Perhatikan Tata Bahasa
    Faktor lain yang wajib Anda perhatikan adalah tata bahasa dan penggunaan EYD selama ujian skripsi. Berbicaralah menggunakan bahasa yang sopan, bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai Ejaan Yang Disempurnakan (EYD), tidak menggunakan kiasan atau bahasa pasar, apalagi bahasa anak alay dan lebay.

7. Penampilan
    Penampilan juga harus menjadi perhatian dalam menghadapi ujian skripsi. Berpakainlah yang rapi dan sopan yang sesuai dengan ketentuan bagi peserta ujian. Jangan memakai sesuatu yang mencolok, hal tersebut dapat menimbulkan kesan tidak begitu baik di mata para penguji.

8. Persiapkan Peralatan Menulis
    Siapkan peralatan menulis seperti buku putih dan balpoint untuk menulis pertanyaan dari setiap dosen dan juga berguna untuk menulis koreksi mereka terhadap skripsi Anda yang nantinya juga akan direvisi.

9. Pahami Karakter Penguji
    Ini juga penting bagaimana Anda harus mengetahui karakter atau gaya dosen penguji, baik itu kemungkinan pertanyaannya yang sifatnya membutuhkan analisa, ataukah dosen yang membutuhkan pemarana data dan fakta yang lebih ditekankan.

10. Berdoa
    Selain mempersiapkan 9 hal di atas, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah berdoa. Sebagai orang beriman, berdoa akan membantu kita menjadi lebih percaya diri pula. Untuk itu, mintalha pula bantuan dan bimbingan pada Tuhan Yang Maha Esa sehingga ujian skripsi Anda dapat berjalan lancar dan sesuai harapan.

Itu tadi 10 Tips Sukses Ujian Skripsi. Semoga artikel ini bermanfaat. Salam !!!

                                                             * * * * * * * *

0 Response to "10 Tips Sukses Ujian Skripsi"

Posting Komentar