Teka Teki Caritahu


     Selamat datang kembali. Setelah beberapa hari sibuk dengan aktivitas kuliah, hari ini Caritahu kembali lagi sekedar berbagi. Pada kesempatan kali ini, Caritahu akan berbagi tentang teka-teki Matematika. Teka-teki ini bertujuan mengetahui hasil akhir perhitungan dengan melakukan penjumlahan dengan cepat dan akurat


       Sebenarnya teka-teki ini saya pelajari dari buku Ensiklopedi Matematika kala masih sekolah di SMA dulu. Tapi tidak ada salahnya untuk berbagi bagi teman-teman yang mungkin belum tahu dan ingin tahu sekarang. Ayo langsung saja ke TKP...hehehe...:)

1. Untuk memainkan permainan ini dibutuhkan 1 atau 2 orang teman. Namun saya sarankan 2 orang teman.
2. Buatlah sebuah persegi panjang horizontal dengan jumlah kotak 10 buah.
    Kurang lebih seperti ini

Teka-teki matematika
    3. Kemudian, mintalah teman pertama untuk memasukkan angka pilihannya ke dalam kotak 1. Minta juga teman kedua Anda untuk memasukkan angka pilihannya pada kotak II. Dalam permainan ini, angkanya boleh berapa saja, yang penting jangan terlalu besar karena akan sedikit menyulitkan Anda dalam proses perhitungan nantinya. Hehehe...:)
Contohnya seperti ini; teman pertama memilih angka 6 dan teman kedua memilih angka 8.


Teka-teki matematika
4. Lanjut ke tahap 4, minta teman kedua teman Anda untuk menjumlahkan angka pilihan mereka pada kotak 1 dan 2. Hasil penjumlahan dalam dari angka di kotak 1 dan 2 kita letakkan di kotak 3. Dalam contoh ini kita akan menjumlahkan angka 6 di kotak 1 dan angka 8 di kotak 2. Hasil penjumlahan keduanya (6+8=14) kita letakkan di kotak 3. 
Permainan Matematika
Setelah itu, jumlahkan lagi angka di kotak 2 dan 3, lalu hasilnya ditempatkan di kotak 4. Pada contoh ini angka di kotak 3 adalah 14 (hasil penjumlahan kotak 1 dan 2). Maka kita akan menjumlahkan angka 8 di kotak 2 dan 14 di kotak 3, sehingga hasilnya adalah 22. Lakukan hal yang sama dengan melakukan penjumahan seperti contoh di atas hingga seluruh kotak terisi penuh dengan hasil penjumlahannya.

Permainan Matematika
Kurang lebih hasil akhirnya nanti seperti ini. Pada prinsipnya Anda tinggal menjumlahkan hasil di kotak akhir dengan kotak sebelumnya.
Permainan Matematika
Kunci permainan ini terletak pada angka di kotak 7. Anda akan dengan sangat mudah mengetahui jumlah seluruh angka dalam 10 kotak tersebut hanya dengan mengetahui angka kuncinya. Angka kunci yang berada pada kotak 7 akan kita kalikan dengan 11. Hasilnya akan menjadi jumlah keseluruhan angka di kotak-kotak tersebut.
Untuk contoh kali ini, angka kuncinya adalah 94. Jadi, 94 x 11 = 1034. Hasil yang kita peroleh adalah 1034. Dengan demikian Anda hanya butuh sepersekian detik saja untuk mengetahui seluruh jumlah angka dalam kotak tersebut tanpa perlu melakukan penjumlahan yang panjang. 

7. Karena itu, setelah mengetahui perkalian cepat ini, tulis hasil di samping kotak tersebut dan minta mereka (teman Anda) untuk menjumlahkan hasilnya. Dan...ajaib sekali, angka 'prediksi' Anda akan tepat sekali.

Bagaimana, mudah bukan? Kalau Anda tertarik, silahkan dicoba saja. Semoga berhasil !!!

Bila kurang jelas, silahkan tinggalkan komentar Anda di bawah ini.

                                                             * * * * * * * *

0 Response to "Teka Teki Caritahu"

Posting Komentar