Gunung Mutis: Pesona Keramat Sang Perawan

Gunung Mutis
Pemandangan Gunung Mutis dari Noebesi
    Gunung Mutis merupakan gunung tertinggi di pulau Timor dengan ketinggian 2.427 meter di atas permukaan laut. Gunung ini terletak di perbatasan antara kabupaten Timor Tengah Utara dan Timor Tengah Selatan.

    Gunung Mutis tak hanya terkenal akan keindahan alamnya yang eksotik, namun juga menyimpan cerita mistik. Masyarakat sekitar lereng Mutis sangat menghormati keberadaan gunung Mutis yang keramat itu sehingga tidak ada yang berani untuk menebang pohon di gunung tersebut.

   Kearifan lokal inilah yang telah membuat keberadaan hutan di Gunung Mutis tetap hijau dan lestari. Tak hanya itu, gunung Mutis juga telah menjadi surga kehidupan bagi masyarakat setempat. Sungai Oe Anin yang mengalir langsung dari gunung Mutis tak hanya mengairi sawah masyarakat di sepanjang aliran sungai, tetapi juga telah memberikan suplai air bersih bagi masyarakat kota Kefamenanu, ibukota dari kabupaten TTU (Timor Tengah Utara, pen).

Gunung Mutis
Hamparan sabana di kaki Mutis - photo by makemytripadvisor
  Untuk itu kearifan lokal dan sikap menghormati alam harus terus dipupuk sehingga tercipta keharmonisan dan keselarasan dalam hidup. Mari bersama kita jaga alam kita ini.

Salam nekaf mese ansaof mese, jauh-jauh dari ranah karang Timor. 

                                                       * * * * * * * * *


Repost dari blog lama Taman Kata yang sudah dihapus.

0 Response to "Gunung Mutis: Pesona Keramat Sang Perawan"

Posting Komentar